Oleh Nova suntia yusni
EVALUASI
EVALUASI
1. Pengertian
Istilah evaluasi berasal dari bahasa inggris yaitu
“evoluation” istilah ini diterjemahkan kedalam bahasa indonesia yang artinya
“penilaian”. Dan penilaian ini adalah suatu hal yang selalu dilakukan manusia
dalam kehidupannya. Penilaian terlebih dahulu harus melakukan kegiatan
pengukuran, dan pengukuran dapat dilakukan bila tersedia objek/ benda yang akan
diukur serta kriteria / ukuran.
Menurut suharsumi arikunto (1986:3), evaluasi
meliputidua bagian yaitu mengukur dan menilai. Mengukur adalah membandingkan
suatu dengan satu ukuran, bersifat kuantitatif, dan penilaian yaitumengambil
keputusan terhadap suatu dengan suatu ukuran baik/buruk,sifatnya kualitatif. Menurut
edwind wand dan gerald w. brown ( dalam wayan kuncana ) suatu tindakan atau
suatu proses untuk menentukan nilai dari pada sesuatu, sedangkan pengukuran
suatu tindakan atau proses untuk menentukan luas atau kuantitas dari pada
sesuatu, jadi penilaian tidak dapat dilakukan jika sebelum melakukan pengukuran
terlebih dahulu.
Proses evaluasi pada AUD tidak sama dengan evaluasi
pada tingkat SD, SLTP, dan SLTA. Pada AUD evaluasi diganti dengan asesman yaitu
proses pengamatan, pencatatan, dan pendokumentasian kinerja siswa dan bagaimana
ia melakukan sebagi dasr pengambilan keputusan pendidikan anak yang berguna
bagi siswa. Asesmen tidak digunakan untuk mengukur keberhasilan suatu program
belajar tetapi untuk mengetahui perkembanangan atau kemajuan anak. Asesemen
tidak dilakukan pada akhir kelas tapi dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan
sehinggga kemajuan siswa dapat diketahui. Evaluasi adalah suatu prose memilih,
mengumpulkan, dan menafsirkan informasi untuk membuat keputusan, dan dalam
perencanaan pembelajaran evaluasi dimaksudkan untuk mengukur apakah tujuan atau
kemampuan yang telah ditetapkan dapat tercapai, dan diantara tujuan
mengevaluasi AUD yaitu :
·
Merencanakan pembelajaran individual dan
kelompok, dan untuk berkomunikasi dengan orang tua
·
Mengidentifikasi anak yang memerlukan
bantuan atau layanan khusus
·
Evaluasi di pada anak usia dini sangat
erat kaitannya dengan pembelajaran, dan evaluasi ini tidak hanya difokuskan
pada hasil belajar anak tetapi yang turut di evaluasi adalah aspek-aspek
perkembangan anak, dan disini dituntut keterampilan guru dalam mengetahui dan
memahami jenis evaluasi yang tepat bagi anak agar hasilnya sesuai dengan tujuan
yang telah ditetapkan.
2.
Prinsip-prinsip
asesmen
·
Holistic
Asesmen meliputi semua aspek
perkembangan anak, seperti fisik motorik, social.moral, emosional, intelektual,
bahasa dan kreativitas. Harapannya adalah semua aspek perkembangan tersebut
berkembang secara optimal, sehingga setiap anak tumbuh dan berkembang menjadi
manusia seutuhnya.
·
Otentik
Yaitu assmen dilakukan melalui
kegiatan yang riil, fungsional, dan alami dengan harapan hasil asesman
menggambarkan kemampuan anak yang sesungguhnya.
·
Kontinyu
Yaitu asesmen dilakukan secara
harian, mingguan, tergantung pada kapan guru memandang saat yang tepat bagi
seorang anak untuk melihat kemapuannya pada aspek tertentu
·
Individual
Asesman dilakukan uuntuk mengamati
perkembangan siswa secara individual meskipun dilakukan saat melakukan kegiatan
kelompok. Asesman tidak membandingkan hasil kerja siswa yang satu dengan yang
lainya tetapi berusaha untuk mengungkapkan kelebihan, kelemahan, dan kebutuhan
siswa.
·
Multi sumber dab mukti kompleks
Asesmen dilakukan pada berbagai
konteks. Guru jug dapat menggunakan berbagai sunber informasi selain observasi
dan karya anak juga perlu mendiskusikan hasil pengamatannya dengan orang tua,
anak, dan dengan para professional agar informasi yang diperoleh lebih lengkap.
3.
Teknik
asesmen
Cara
melakukan asesmen yaitu:
Kegiatan peengamatan
Pencatatan
Pendokumenntasian
Kemudian
hasil dicatat dalam bentuk kartu perkembangan anak.
4.
Komponen
asesmen
a. Aspek
fisik motorik
Motorik kasar
a)
Memanjat tali
b)
Berlari
c)
Menendang bola
d)
Menagkap bola
e)
Skiping
Motorik halus
a)
Mengancing baju
b)
Menggunting pola
c)
Menali sepatu
d)
Mewarnai pola
e)
Memasang resleting
Organ sensoris
a)
Mendengarkan perintah guru
b)
Menyebutkan ciri-ciri benda
c)
Mampu membedakan berbagai macam rasa
Kesehatan badan
a)
Seimbang tinggi dan berat
b)
Aktif dan lincah
c)
Catatan kehadiran baik
b.
Aspek perkembangan kognitif
Informasi /pengetahuan figurative
a)
Mengenal nama warna
b)
Mengenal nama berbagai bentuk
c)
Mengenal bagian tubuh
d)
Mengenal nama dan alamatnya
Pengetahuan procedural
a)
Menjelasakan bagaimana pergi dan pulang
sekolah
b)
Mampu membandingkan benda
c)
Menghitung, menata, mengurutkan,,
mengklasifikasikan
Pengetahuan temporal
a)
Mengetahui nam hari dan tanggal
b)
Mengetahui waktu
c)
Mengenal kecepatan
Memori
a)
Mengingat alphabet
b)
Mengingat nam teman
c)
Mengingat nam hari
c. Aspek perkembangan moral
a)
Mengenal aturan sekolah
b)
Mengenal sopan santun
c)
Mengenal otoritas
d.
Aspek perkembangan social
Interpersonal
a)
Mampu bermain bersama
b)
Mau bergantian dan antri
c)
Mengikuti perintah guru
Personal
a)
Mampu merespon dan menjawab pertanyaan
guru
b)
Mampu mengekspresikan diri
c)
Percaya diri untuk bertanya,mengemukakan
ide,tampil,dsb
d)
Mandiri saat makan,bekerja,memakai
pakaian ,dsb
e)
Mau ditinggal atau tidak ditunggui orang
tua selama sekolah
e. Aspek
perkembangan emosional
a)
Menunjukkan rasa aying pada teman
b)
Menunjukkan rasa empati
c)
Mengontrol emosi
f. Kemampuan
dalam disiplin
Matematika dan berhitung
a)
Menghitung benda 1-5
b)
Menghitung benda lebih dari 10
c)
Mengenal angka 1-5
d)
Menjumlahkan sampai 5
Sains
a)
Kemapuan observasi
b)
Mengkomunikasikan hasil observasi
c)
Menggunakan ruang dan waktu
d)
Kemampuan klasifikasi
Pengetahuan social
a) Mengenal
nama teman
b) Memiliki
teman bermain
c) Menghargai
pendapat oatnag lain
d) Menunjukan
rasa empati
Bahasa
a) Mampu
berkomunikasi danagn orang dewasa dan teman sebaya
b) Memiliki
pembendaharaan yang cukup
c) Mampu
mengkomunikasikan ide melalui drama, bermain, atau tulisan
Seni
a)
Mampu mengekpresikan ide
melalui gambar
b)
Mampu mengekpresikan diri melalui
drama
c)
Mampu mengikuti lagu dan senang
bernyanyi
5.
Instrument
asesmen
Dari unsur penilaian yang disebutkan di atas guru
dapat mengembangakan instrument penilaian. Untuk kelas dengan banyak siswa guru
dapat menggunakan ceklist pada daftar cek.
Contoh
:
Asesmen
: kompetensi personal
Nama:
Usia :
|
Hari
dan tanggal:
Penilaian :
|
|||
Unsur yang dinilai
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Tanggung
jawab
|
||||
Motivasi
belajar
|
||||
Bekerja
mandiri
|
||||
Memperhatikan
guru
|
||||
Mampu
mengatasi konflik
|
6.
Portofolio
Merupakan bentuk organisasi hasil belajar anak,
biasanya ddalam suatu folder yang berisikan contoh hasil beljar yang menunjukan
kemampuan anak.
Portofolio
biasanya berisi:
·
Contoh tulisan anak
·
Contoh gambar anak
·
Kesan anak tentang pendapatnya belajar
di TK
7. Cara penilaian
Penilaian pada AUD hendaknya didasarkan pada kemajuan
belajar atau perkembangan individual. Dan sebagai seorang guru kita menganggap
bahwa semua anak itu sama, bagaimanapun kondisi anak harus dikembangakan secara
optimal. Pemberian nilai anak dapat dilakukan dengan pemberian gambar ekspresi,
misalnya tertawa,menangis,dll.
8. Portofolio
Merupakan
bentuk organisasi hasil belajar anak yang biasanya diletakka di suatu folder
yang berisikan contoh-contoh hasil belajar yang menunjukkan kemampuan anak, dan
biasanya portofolio ini diberikan kepada anak ketika telah selesai TK, dan
sebagai contoh guru memberikan laporan kemajuan belajar anak.
Dan
ada beberapa hal yang biasa ditulis di portofolio diantaranya :
·
Contoh tulisan anak
·
Contoh gambar dan ekpresi seni anak
·
Contoh hasil karya anak
·
Evaluasi diri, yaitu kesan atau pendapat
anak tentang kemajuan belajarnya di TK.
9.
Laporan
kemajuan belajar
Unsur-unsur
dalam lapoaran kemajuan belajar anak:
1) Identitas
anak
2) Nama
guru
3) Tahun
dan semester
4) Kemampuan
yang dinilai
5) Contoh
hasil belajar
6) Contoh
hasil yang diambil dari portofolio
DAFTAR
PUSTAKA
Suyanto,
S. 2005. Pembelajaran untuk Anak TK. Jakarta: Depertemen Pendidikan
Nasioanl.
Masyitoh,dkk,
2008.Strategi Pembelajaran TK. Jakarta : Universitas Terbuka.
Tim
penyusun, 2008. Bahan Ajar Belajar dan Pembelajaran. Fakultas Ilmu Pendidikan :
Universitas Negeri Padang.
Hartati,
Sri.2010.Bahan Ajar Perencanaan Pembelajaran Anak Usia Dini. Fakutas ilmu
pendidikan : Universitas Negeri Padang.
0 komentar