Friday, October 12, 2012

KENDURI SKO 'KERINCI'


KATA PENGANTAR
          Dengan memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya kepada penulis sehingga dapat menyelesaikan makalah ini yang berjudul:
“KENDURI SKO”
            Penulis menyadari bahwa didalam pembuatan makalah ini berkat bantuan dan tuntunan Tuhan Yang Maha Esa dan tidak lepas dari bantuan berbagai pihak untuk itu dalam kesempatan ini penulis menghaturkan rasa hormat dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang membantu dalam pembuatan makalah ini.
            Penulis menyadari bahwa dalam proses penulisan makalah ini masih dari jauh dari kesempurnaan baik materi maupun cara penulisannya. Namun demikian, penulis telah berupaya dengan segala kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki sehingga dapat selesai dengan baik dan oleh karenanya, tim penulis dengan rendah hati dan dengan tangan terbuka menerima masukan,saran dan usul guna penyempurnaan makalah ini.
            Akhirnya penulis berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi seluruh pembaca.



                                                                                    Sungai penuh 27 mei 2012
                                                                                               penulis


DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL            ………………………………………….       i
KATA PENGANTAR ……………………………………….       ii
DAFTAR ISI                           …………………………………….       iii
BAB I PENDAHULUAN        …………………………………….
BAB II PEMBAHASAN                                ………………………….
       a.    KENDURI SKO ………………………….
       b.    WAKTU  YANG  BAIK  UNTUK  PELAKSANAAN  KENDURI SKO…………….
       c.    PERLENGKAPAN  UPACARA  KENDURI  SKO ………………….
  1. PERSONAL  YANG  TERLIBAT ………………………….
  2. PENOBATAN  PARA  PEMANGKU ADAT........................................

BAB III KESIMPULAN         …………………………….
DAFTAR PUSTAKA              ………………………………….









BAB I
PENDAHULUAN

  A.Latar  Belakang  

Indonesia  merupakan  suatu  bangsa  yang  terdiri  dari  beribu-ribu  suku  bangsa yang  tersebar  di  seluruh  wilayah  Indonesia  dan  telah  ada  sejak  ratusan  bahkan  ribuan  tahun  yang  lalu .  Jaspan  (dalam  Soekanto  2001 :21)    mengklasifikasikan  suku  bangsa  Indonesia  dengan  mengambil  patokan  kriteria     bahasa,  kebudayaan  daerah  serta  susunan  masyarakat,  dengan  rincian  yaitu
(1) Sumatera, 49  suku  bangsa;
(2) Jawa,  7  suku  bangsa;
(3) Kalimantan,  73  suku  bangsa;
(4) Sulawesi, 117  suku  bangsa;
(5) Nusa  Ternggara, 30  suku  bangsa;
(6) Maluku - Ambon, 41  suku  bangsa;
(7) Irian  Jaya,  49  suku  bangsa.
Selama  ratusan bahkan  ribuan  tahun  itu  pula  mereka telah  menumbuhkan,  memelihara dan  mengembangkan  tradisi.  Masing-masing  suku  bangsa  tersebut  memiliki  tradisi  yang  berbeda  antara  satu  dengan  yang  lainnya.  Hal  inilah    yang  menyatakan  bahwa  Indonesia  merupakan  negara  yang  majemuk  akan  kebudayaan,  baik  itu  dalam  bentuk  bahasa  sehari-hari  maupun  tradisi-tradisi  lainnya.  Bentuk – bentuk  tradisi  yang  dilakukan  oleh  berbagai  suku  bangsa  antara  lain  perkawinan, pesta  adat,  kematian,  dan  lain  sebagainya.  Masing- masing  bentuk  upacara  tersebut  dilakukan  dengan  cara – cara  tertentu yang  menjadi  ciri  khas  dari  masing – masing  suku  bangsa  tersebut.
Ciri  khas  tersebut  di  satu  pihak  ada  yang  masih  dipertahankan  oleh masyarakat  dan  tidak  mengalami  perubahan  sama  sekali,  dilain  pihak  ada  yang  mengalami  perubahan  atau  malah  hilang  sama  sekali  sebagai  suatu  tradisi  yang  menjadi  bagian  dari  masyarakat.
Salah  satu tradisi  yang  masih  dipertahankan  dalam  berbagai  suku  bangsa  adalah tradisi  pelaksanaan  pesta  adat  siap  panen.  Hampir  setiap  daerah  masih   melaksanakannya,  seperti  upacara  adat  fuaton di  Nusa  Tenggara  Timur,  upacara  adat  aruh  mahannyari  pada  suku  dayak,  upacara  penolak  bala   sebagai  rasa  syukur  setelah  berhasil  panen di  Sulawesi  Selatan  dan  lain   sebagainya.  Tradisi – tradisi  ini  di  maksud  untuk  mensyukuri  hasil  panen  yang  telah  didapat  oleh  masyarakat, sekaligus  memohon  berkah  agar mereka  mendapat  hasil  yang  lebih  baik  di  musim  panen  mendatang.  Begitu  juga   halnya  yang  terjadi  pada  masyarakat  yang  ada  di  Propinsi  Jambi,  yakni  di Kabupaten  Kerinci.  Mereka  dikenal  sebagai  orang  Melayu  Tua  (Zakaria,  1985 :15).  Orang  Melayu  Tua  tersebut  masih  mengenal  bentuk – bentuk  upacara  atau  pesta  adat  siap  panen  yang  lebih  dikenal  dengan  istilah  kenduri  sko.  Kenduri  sko  merupakan  upacara  adat  yang  terbesar  di  daerah  Kerinci  dan  termasuk  kedalam  upacara  adat  Titian  Teras  Bertangga  Batu.  Sebagaimana yang  dijelaskan  oleh  Daud  (1991 : 32)  bahwa  upacara  adat  di  Kerinci  dapat dikelompokkan  menjadi  tiga  bagian  yang disebut  dengan:
  1. Upacara  Adat  Titian  Teras  Bertangga  Batu.
  2. Upacara  Adat  Cupak  Gantang  Kerja  Kerapat.
  3. Upacara  Adat  Tumbuh - tumbuh  Roman - roman.
Upacara  Adat  Titian  Teras  Bertangga  Batu  memiliki  pengertian  suatu  upacara  adat  yang  berkesinambungan  dari  generasi  ke  generasi  yang  meliputi  upacara  kenduri sko,  perkawinan,  kelahiran,  kerat pusat,  dan upacara  kematian.  Upacara  Adat  Cupak  Gantang  Kerja  Kerapat  memiliki  pengertian  suatu  upacara  adat yang  terkait  dengan  sistem  mata  pencaharian  hidup  dan  sosial   kemasyarakatan  yang  dilaksanakan  secara  bergotong  royong.  Upacara  ini  meliputi  kegiatan  mendirikan  rumah  baru  mencangkup  kerja  sama  menarik  ramuan  kayu  di  hutan,  merendam  ramuan  kayu,  betegak  rumah,  gotong royong  menuai  padi,  tolak  bala,  dan  upacara  yang  berhubungan  dengan  spritual  seperti  upacara  tolak  bala  dan  upacara  minta ahi  hujan.  Upacara  Adat  Tumbuh - tumbuh  Roman – roman  memiliki  pengertian  suatu  upacara  adat  yang  dilaksanakan  pada  waktu  tertentu  sesuai  dengan  pokok  persoalan  yang  timbul  pada  bentuk  tertentu  pula  dan  bersifat  khusus.  Upacara  ini  meliputi  upacara  asyeik  negeri,  mengangkat  anak  angkat,  pelanggaran  terhadap  hukum  adat, melepas  nazar,  dan  upacara  silang   sengketa.  Lebih  lanjut  dijelaskan  Daud  bahwa  upacara - upacara  adat  yang  dilaksanakan  oleh  penduduk  Kerinci  selain  menjadi  warisan  budaya  nenek  moyang  juga  mempuyai  fungsi  antara  lain :
  1. Memperkokoh  persatuan  dan  kesatuan  kekerabatan  dan  meningkatkan  silaturrahmi  dalam  kehidupan  masyarakat  pada  umumnya.
  2. Wadah  untuk  menjalin  rasa  kebersamaan  dalam  prinsip  hidup  bergotong - royong.
  3. Wujud  kebanggaan  bagi  masyarakat  Kerinci  bahwa  mereka  memiliki  tata  cara  adat  tersendiri  yang  tidak  kalah  dengan  adat  lainnya.
  4. Forum  komunikasi  antara  generasi  tua  dengan  generasi  muda  dalam menyampaikan  pesan  untuk  kehidupan  masa  depan  yang  lebih  baik.
  5. Sarana  pembinaan  nilai – nilai  tradisional  yang  tak  lapuk  kena  hujan  tak lekang  kena  panas.
         Sebagaimana  tradisi – tradisi  dalam  upacara  adat  di  setiap  masyarakat,  upacara  kenduri  sko  di  Kerinci  memiliki  arti  penting  bagi  masyarakat  setempat.  Upacara  kenduri  sko  merupakan  upacara  puncak  kebudayaan  masyarakat  Kerinci.  Dengan  kata  lain dapat  diartikan  sebagai  suatu  perhelatan  tradisional  masyarakat  Kerinci  dengan  maksud  dan  tujuan  tertentu.  Upacara  kenduri  sko hanya  dilakukan  pada  desa  pesekutuan  adat  atau  masyarakat  adat  dari  dusun  asal  desa - desa  yang  memiliki  sejarah  tetua  adat  depati  ninik  mamak  dan  juga  memiliki benda – benda  pusaka.  Ciri  khas  upacara  adat  tersebut  adalah  penobatan  seseorang  putra  daerah  menjadi  depati  atau  pemimpin  adat,  yang  kemudian  akan  diberi  sumpah  yang  harus dipegang  teguh  oleh  mereka  yang  dipilih.  Desa - desa  yang  masih  melaksanakan  upacara  ini  diantaranya  adalah desa  yang  terletak  di  Kecamatan  Tanah  kampung.  Bagi  masyarakat  tanah  kampung   upacara  ini  sangat  penting  dilaksanakan  sebagai  rasa  syukur  atas  hasil  panen  yang  diberikan  Allah  SWT  kepada  mereka,  dan  pada  upacara  ini  juga  akan  dipilih  para  pemangku - pemangku  adat  yang  akan  memimpin  desa tersebut.  Di  kecamatan  tanah  kampung,  upacara  ini  dilaksanakan  dengan sangat  meriah,  selain  dihadiri  oleh  masyarakat  setempat,  juga  dihadiri  oleh masyarakat  desa – desa  terdekat. Sebelum  acara  ini  selesai  maka  masyarakat  dilarang  untuk  keluar  desa,  dengan  tujuan  agar  semua  elemen  masyarakat setempat  terlibat  dalam  acara  tersebut.
        Sebagaimana  upacara - upacara   adat  lainnya,  upacara  adat  kenduri  sko menarik  untuk  dikaji.  Kenduri  sko  merupakan  upacara  adat  terbesar  yang  ada di  Kerinci  dan  mempunyai  makna  tersendiri  bagi  masyarakat.  Di  dalam upacara  tersebut  terdapat  acara  penurunan  benda - benda  pusaka  nenek moyang,  serta  pemberian  gelar  adat  kepada  pemangku – pemangku  adat  yang baru  yang  akan  memimpin  adat  desa  tersebut.  Dengan  demikian,  upacara kenduri  sko  sangat  penting  sekali  bagi  orang  Melayu  Tua  yang  ada  di Kabupaten  Kerinci  khususnya  Di  kecamatan  tanah  kampung.




BAB II
PEMBAHASAN

  A.   KENDURI SKO

           kenduri  sko  adalah  suatu  acara  adat  yang  dilaksanakan  oleh masyarakat  kerinci  dalam  melestarikan  budaya  yang  sudah  ada  sejak zaman  nenek  moyang  mereka.  kenduri  pusaka  dan  kenduri  sko  adalah suatu  rangkaian  acara  adat  yang  saling  berhubungan  satu  sama  lain . Sebab  disaat  kenduri  pusaka  dilaksanakan  maka  kenduri  sko  pun  harus dilaksanakan. Kenduri  pusaka  dan  kenduri  sko  dilaksanakan  setiap sepuluh  tahun  sekali . Kenduri  sko  secara  adat  kerinci   adalah  suatu acara  pengukuhan  gelar  suku  atau  kepala  adat.  Sedangkan   kenduri pusaka  adalah  dimana  semua  pusaka  yang  ada  dari  nenek  moyang mereka  dikeluarkan  dari  tempat  penyimpanannya   untuk  disucikan  atau dibersihkan  oleh  para  suku  atau  kepala  adat  yang  telah  dikukuhkan disaat  kenduri  sko  dan  disaksikan  oleh  seluruh  masyarakat  kerinci.   Mengenai  warisan  ”sko”  atau  gelar  pusaka  kelebu  (suku)  yang  turun temurun  , di  sandang  oleh  mamak  kelebu.   Gelar  sko  mamak  kelebu merupakan  titel  jabatan  selaku  raja  adat , tetua  adat  atau  kepala  suku. Gelar  tetua  adat  tersebut  akan  di  pakai  seumur  hidup  ,tidak  di  gilir  di ganti  antara  saudara –  saudara  senenek.  Sedang  kerinci  bagian  hilir gelar  adat  di  gilir  di  ganti  pada  setiap  upacara  kenduri  sko.
         Pusako  dalam  bahasa  indonesia  sama  dengan  ‘pusaka’ yaitu,  apa - apa yang  diterima  dari  nenek  moyang,  berupa  harta  benda  dan  lain -lain. Sedangkan  sko  berkaitan  dengan  pihak  ibu  baik  berupa  gelar kaum/suku/kelebu  maupun  berupa  harta  pusaka  tinggi. Menurut  adat Kerinci  pusaka  terbagi  menjadi  empat  bagian, yaitu :
1.    Pusaka  yang  datangnya  dari  bapak  dinamai ”harta”.
2.    Pusaka  yang  datangnya  dari  ibu  dinamai ”sko”.
 Sko  asal  dari  ibu  terdiri  dari  dua  macam :
a.   Sko  tanah  boleh  di - ico  (diolah , digarap , dimanfaat).
b.   Sko  gelar  boleh  dipakai ; yang  mana  sko  gelar  itu  dihibahkan  oleh ibu  kepada  mamak (saudara laki - laki  ibu), sebagai  penerima mandat.
3.  Pusaka  yang  datangnya  dari  guru  dinamai ”ilmu”.
4.  Pusaka  yang  datangnya  dari  orang  banyak  dinamai ”gawe kerapat” atau ”gotong - royong”.

   B.   WAKTU  YANG  BAIK  UNTUK  PELAKSANAAN  KENDURI  SKO

Upacara  Kenduri  Sko  di  daerah  Kerinci   biasanya  di selenggarakan  pada saat  keadaan  ekonomi  masyarakat  berada  pada  garis  stabil  atau  pada saat  sesudah  panen.  Hal  ini  dikarenakan  perhelatan  Kenduri  Sko  ini memakan  biaya  yang  tidak  sedikit.

   C.   PERLENGKAPAN  UPACARA  KENDURI  SKO

  1.   Tenda  atau  Taruk  berukuran  besar  diatas  Tanah Mendapo  (tempat berlangsungnya  Upacara  adat  Kenduri  Sko).
  2. Umbul -  umbul  atau  Bendera  berwarna - warni  di sekitar  tempat upacara.
  3. Bendera  merah  putih  berbentuk  segitiga  siku – siku  berukuran  besar (dalam  bahasa  Kerinci  bendera  ini  disebut  dengan Karamtang). Karamtang  ini  dipasang  ditempat  terbuka  pada  ketinggian  mencapai 30 meter.  Pada  bagian  puncaknya digantunngkan  Tanduk  kerbau. Bendera  ini  merupakan  sebuah  isyarat  tentang  adanya  Kenduri  Sko dan  sekaligus  menjadi undangan  bagi  masyarakat  banyak  untuk datang  menghadiri  upara  yang  sakral  itu.
  4.  Pakaian  adat,  keris,  dan  tongkat  yang  dipakai  oleh  para  Pemangku adat.
  5.  Pakaian  adat  para  Dayang  (dalam  bahasa  Kerinci  disebut  dengan Lita  dan  Kulok).
  6.  Pedang  Hulubalang  untuk  keperluan  Pencak  Silat
  7. Sesajian  berupa  beras  kuning,  kemenyan,  dan  adonan  sirih  nan sekapur   rokok  nan  sebatang.
  8. Gong,  gendang  dan  rebana  untuk  keperluan  kesenian  daerah  yang akan  ditampilkan  dalam  rangkaian  proses  upacara.

      D.    PERSONAL  YANG  TERLIBAT

    Adapun  personal  yang  terlibat  dalam  prosesi  upacara  adat  Kenduri  Sko ini  adalah,  sebagai  berikut  :

    1.Seluruh  Pemangku  Adat  (Depati – Ninik  Mamak)

    2.Para  calon  (anak  jantan)  yang  akan  dinobatkan  menjadi  Depati dan  Permanti  yang  baru.

         Supaya  adat  tetap  dapat  dilestarikan,  maka  calon  Pemangku  adat yang  akan  dinobatkan  harus  memenuhi  kriteria,  sebagai  berikut  :
   ·   Menurut  adat  dikatakan  bahwa  Pemangku  adat  dipilih  dari seseorang  yang  ada  warisnya,  berkubur  berpendam, bertampang  berturai,  adat  bersendi  alur   alur  bersendi patut,  patut  bersendi  dengan  benar.
    ·    Menurut  pepatah  Sungai  Penuh  mengatakan :

    a. Simba  ikou  (orang  yang  ekonominya  bagus)
    b. Tajeng  taji  ( berani  karena  benar,  berwibawa  dan  berwatak pemimpin
    c.Nyarain  kukouk  ( bijaksana,  pandai  menyesuaikan  diri  dengan kondisi  masyarakat)

    3.Anak  jantan  dan  anak  batino  dalam  wilayah  Tanah kampung

    4. Para  Hulubalang

    5. Para  Undangan  (pejabat  Pemerintah  setempat).

  • Pakaian  pemangku  adat :
          Pakaian  yang  di  pakai  oleh  para  Depati  dan  Ninik  Mamak  mempunyai  arti  dan  makna  tertentu  menurut  adat  kerinci. Cara  memakainya  juga berbeda antara  Depati  dan  Ninik Mamak , yang  terletak  pada  ikatan  kepala  dan selempang  sarungnya.  Jika Depati  pakai  seluk  dan  Ninik  Mamak  pakai Lita, begitu  pula  kain  sarungnya  jika  Depati  sarung  lurus  dan  Ninik  Mamak  sarung miring. Umumnya  pakaian  Depati  dan  Ninik  Mamak  berwarna  hitam  dengan hiasan  sulaman  benang  warna  kuning  pada  dada  yang bermakna :
    a. Hitam  melambangkan  rakyat  banyak  yang berarti  kekuatan,  jadi  Depati  dan Ninik  Mamak  memiliki  kekuatan  karena  rakyatnya.
   b. Kuning  melambangkan  kekuasaan  yang  berarti  berundang  berlembago, jadi Depati  dan  Ninik  Mamak  melaksanakan  kekuasaan  berdasar  undang  dan lembago

Busana  pemangku  adat  ini  juga  digunakan  oleh  para  pemangku  adat  untuk menghadiri  perhelatan  pengantin.
  • Rangkaian acara
 Pukul  08.00  pagi  pada  hari  yang  telah  ditetapkan,  semua  masyarakat berdatangan  ke  Tanah  Mendapo.  Dengan  antusias  mereka  ingin  menyaksikan rangkaian  upacara  Kenduri  Sko.  Adapun  rangkaian  acaranya  adalah  sebagai berikut:
 Pertunjukan  Kesenian  Daerah
      1)  Pencak silat
      Pencak  Silat  adalah  seni  bela  diri  dengan  menggunakan  dua  mata  pedang. Pencak  silat  ini  dimainkan  oleh  sepasang  anak  jantan  yang  masing - masing memegang  satu  pedang.  Mereka  mempertontonkan  keahlian  bermain  senjata tajam.
      2) Tari Persembahan
       Tari  persembahan  adalah  tari  untuk  menyerahkan  sekapur  sirih  kepada  para petinggi - petinggi  daerah  yang  hadir,  Depati  nan  Bertujuh,  Permanti  nan  Sepuluh,  Mangku  nan  Baduo  serta  Ngabi  Teh  SantioBawo.  Juga  menyerahkan sekapur  sirih  kepada  calon  Depati,  Ngabi,  Permanti  dan  Mangku  yang  akan dinobatkan  menjadi  pemangku  adat  yang  baru.
      3) Tarian asyeak
      Tarian  asyeak  yaitu  Tarian  upacara  yang  pada  klimaksnya  dapat  membuat  penari  kesurupan  (trance)  sehingga  tubuh  para  penari  tersebut  tidak  mempan oleh  senjata  tajam  atau  api,  meniti  mata  keris  atau  pedang  tanpa luka . biasanya  tarian  jenis ini  terasa  dominan  mempengaruhi  unsur – unsur  magis, sehingga  tidak  bisa  di pertunjukkan  di  sembarang  waktu.
      4)   Tari Massal
       Tarian  ini  ditata  sedemikian  rupa  khusus  di pagelarkan  untuk  acara - acara helatan  besar  seperti  Festival  danau  Kerinci  dan  juga  Kenduri  Sko.  Tarian  ini di tata  dengan  konfigurasi  menggambarkan  keadaan  geografis  Kerinci  yang berbentuk  kawah  (landai).  Gerakan yang  ditarikan  merupakan  gerak - gerak  tari tradisional  Kerinci  seperti  tari  Rangguk  dan  tari  Iyo - yo.
      5) Tari Rangguk
      Tari  Rangguk  ini  merupakan  tarian  spesifik  Kerinci  yang  populer.  Tarian  ini di tarikan  oleh  beberapa  gadis  remaja  sambil  memukul  rebana  kecil.  Tarian  ini di iringi  dengan  nyanyian  sambil  mengangguk – anggukkan  kepala  seakan memberikan  hormat.  Tari  Rangguk  di lakukan  pada  acara - acara  tertentu seperti  menerima  kedatangan  Depati  (tokoh  adat  Kerinci),  tamu  dan  para pembesar  dari  luar  daerah.
      6) Penurunan Pusaka
Menurunkan  pusaka  dari  Rumah  Gadang  (dalam  bahasa  Kerinci  Rumah Gedang  disebut  Umoh  Deh) di bawa  ke  Tanah  Mendapo  tempat  upacara  di laksanakan.  Oleh  para  sesepuh  adat,  pusaka  itu  lalu  di  buka  satu  persatu, di   bersihkan  dan  di  pertontonkan  kepada  masyarakat  sambil  menceritakan  asal usul  atau  sejarah  pusaka  tersebut.
    E. Penobatan  para  pemangku  adat
      1.  Depati
       Semua  calon  Depati  dan  Ngabi  memakai  pakaian  adat  berwarna  hitam  dan berbenang  emas.  Di  pinggang  sebelah  kanan  di  selipkan  sebilah  keris.  Untuk calon  Permanti  dan  Mangku  juga  memakai  pakaian  adat  dan  sebuah  tongkat  yang  terbuat  dari   kayu  pacat.  Calon  Depati  baru  di  panggil  naik  ke  pentas  secara  bergantian  lima  orang.  Sampai  di  atas  pentas  di  sebutkan  namanya  satu  persatu  seraya  menjatuhkan  Gelar  Sko  yang  akan  di jabatnya.
     2.  Ninik Mamak
       Calon  Permanti  baru  di  panggil  naik  ke  pentas  secara  bergantian  lima  orang.  Sampai  di  atas  pentas  di sebutkan  namanya  satu  persatu  seraya  menjatuhkan Gelar  Sko  yang  akan  di  jabatnya.
     3.  Tengganai
      Semua calon Depati dan Ngabi memakai pakaian adat berwarna hitam dan berbenang emas. Dipinggang sebelah kanan diselipkan sebilah keris. Untuk calon Permanti dan Mangku juga memakai pakaian adat dan sebuah tongkat yang terbuat dari kayu pacat.
     1.  Penobatan Depati
    Calon Depati baru dipanggil naik ke pentas secara bergantian lima orang. Sampai diatas pentas disebutkan namanya satu persatu seraya  menjatuhkan Gelar Sko yang akan dijabatnya.
    Misalnya: No.1 Nama : PARBO
   Gelar jatuh pusako tibo
   PARBO Gelar Depati Santiyudo Pamuncak Alam.
   (dibunyikan gong 1X)
    2.  Penobatan Ngabi
   Calon Ngabi baru dipanggil naik ke pentas secara bergantian lima orang. Sampai diatas pentas disebutkan namanya satu persatu seraya menjatuhkan Gelar Sko yang akan dijabatnya.
    Misalnya: No.1 Nama : AMIRUDDIN S.Pd
    Gelar jatuh pusako tibo
    AMIRUDDIN S.Pd Gelar Ngabi Teh Santio bawo.
    (dibunyikan gong 1X)
    3.  Penobatan Permanti
    Calon Permanti baru dipanggil naik ke pentas secara bergantian lima orang. Sampai diatas pentas disebutkan namanya satu persatu seraya menjatuhkan Gelar Sko yang akan dijabatnya.
     Misalnya: No.1 Nama : Drs. MULYADI
     Gelar jatuh pusako tibo
     Drs. MULYADI Gelar Rio Jayo Pamuncak Alam
     (dibunyikan gong 2X)
     4.  Penobatan Mangku
    Calon Mangku baru dipanggil naik ke pentas secara bergantian lima orang. Sampai diatas pentas disebutkan namanya satu persatu seraya menjatuhkan Gelar Sko yang akan dijabatnya.
     Misalnya: No.1 Nama : Drs. FARMADI
     Gelar jatuh pusako tibo
     Drs. FARMADI Gelar Pemangku Rajo
     (dibunyikan gong 2X)

          Selesai  penobatan  semua  Depati - Ngabi,  Permanti  dan  Mangku, semuanya  berdiri  untuk  di  adakan  pengambilan  sumpah  dengan  membacakan Parbayo  (sumpah).  Sumpah  itu  benar - benar  menjadi  sikap,  perilaku,  dan  pola pikir  seorang  pemimpin  adat.     Hal  tersebut  tampak  dari  nilai - nilai  yang terkandung  dalam  setiap  butir  sumpah  tersebut.  Sumpah  tersebut  mengingatkan  Depati  agar  tidak  menggunting  dalam  lipatan  atau  mencari kesempatan  dalam  kesempitan.  Kemudian  tidak  membuat  fitnah  dan  hasutan, tidak  bisa  berbuat  lain  dimulut  lain  dihati.  Tidak  boleh  menghadapi  orang  dari belakang  dan  juga  menuntun  para  pemimpin  adat  agar  tidak  menghindar  dari masalah  sebab  seorang  pemimpin  dituntut  mampu  menyelesaikan  semua masalah  yang  dihadapi  rakyatnya.
Apabila  Pemangku  Adat  melanggar  sumpah  itu  atau  tidak  menjalankan  tugas dan  kewajibannya,  maka  akan  dikutuk  Sumpah  Karang  Satio  nan  Semangkok.

Keatas  tidak  akan  berpucuk,
kebawah  tidak  akan  berurat,
tengah - tengah  dijarum  kumbang.
Padi  ditanam  ilalang  tumbuh,
kunyit  ditanam  putih  isi.
Ikan  dipanggang  tinggal  tulang,
anak  dipangku  jadi  batu.

Tradisi  masyarakat  kerinci  dalam  mengadakan  kenduri  sko,  salah satunya  terdapat  pidato  adat  yang  di  sebut  deto  talitai .  Deto  talitai   ialah rangkaian  pidato  adat  yang  di  sampaikan  dalam  bahasa  berirama , di  lakukan  sewaktu  upacara  kenduri  sko  (adat)  dan  pengukuhan  gelar  kebasaran  tertua  adat  atau  kepala  suku  Depati  ataupun  Ninik  Mamak. Pidato  adat  ini berbentuk  prosa  berirama  dan di dalamnya terdapat  pepatah  petitih .  Setelah   penyampaian  pidato  deto  talitai  oleh  orang  yang di  tugaskan  biasanya  seseorang  yang  berjabatan  Pemangku,  Ninik  Mamak ,  Depati  atau  setingkat depati.  Diikuti  dengan  maklumat  sumpah  karangsetio  yang  berisi  peringatan  keras  pada orang  yang  menyandang  gelar  sko  yang  di  kukuhkan  pada  hari  ia di  nobatkan  menjadi  ketua  adat  (depati). Sumpah  karang  setio  tersebut  secara  umum  terdapat  pada  masing–masing  lurah atau  wilayah  persekutuan adat kerinci.
Di bawah  ini  di  kutip  salah  satu  bunyi  pepatah  petitih  penobatan  dalam  wilayah  persekutuan  adat  Depati  nan  Berujuh  Tanah  Mendapo :
“Rapek - rapeklah  anok  janteang  anok  batino  dalon  dusun  ineih  dengea  pasak - pasak.  Adepun  kamai  ineih  melakaukan  buot  dingon  karang  setio, di  ateh  baserau  ngan  baimbea  anok  janteang  anok  batino , kepado  umoh  kapado  tango  , kapado  laheik  kapado  jajo,  manganengohkan  tando  kbea  sikou  breh  sratauh ,  ndok  jadi  Depatai  dan  Permentai.  Lah Bapapah  babimboing kapado  Depati  nan  Batujeuh, Pamangkau  nan  Baduea  sarto  Permentai  nan Spulauh. Sudeah  niang  di  pabuot,  jadinyo  Depati  Nan  Batujeuh ,  batinonyo  Pamangkau  Nan  Baduea,  lahirnyo  kamai  Ngabi  Teh  Santio  Baweo  batinnyo  Depati  Nan  Batujeuh , sudeah  di  parbuot  di  ateh  umoh  patelai, sandinyo  padek  tanoh  krajaan ,  lubeuk  mmeh  pendannyo  mmeh,  sungei  bremeh  tanjoun  bajure ,  di ateh  tanoh  ngan  sabingkeh,  di  bawah  pawon  ngan  sakakai , bahimpoung  piagea  ngan  tujeuh  pucauk  pado  keri  Pendok  Anggo  Lumpaing.  Masauk  pado karang  stio  ngan  samangkauk.  Sapo  ngising  kno miang ,  sapo  nguyang  kno  rbeah,  sapo  mancak  mulih  utang,  sapo  nindeih  mulih  garoih.  Ideak  bulieh  nuhok  kawang  saireing,  ideak  bulieh  nguntein  kae  dalon  lipatan.  Ideak  bulieh  bakuroak  bakandon  daleang,  ideak  bulieh  pepak  di  luo  unceing  di  dalon. Kalou  di  parbuot ,  padoi  di  tanang  lalang  tumbouh,  kunyaet  di  tanang  puteih isi  , anak  di  pangkau  jadi  bateu.  Ngadeak  ka  ilei  di  kutuk   Tuhang,  ngadeak  ka  mudeik  di  kutuk  Tuhang,  di  kutuk  qur’an  30  jeuh  di  makon  biso  kawai .   Ka dateh  ideak  bapucauk  , ka  bawoh  ideak  baurak ,  di  tengoah  di  jarum kumbang.  Di  bageh  ingak  pado  sagalo  anok  janteang  anok  batinoa,  jiko  awak ideak  di  labeuhkan  glea, di  jadikan  rekak  dengon  rekik,  di  jadikan  rujuk  dingon  undou. Manggulung  si  lengan  bajeu  ,nyingkak  kaki  sirwang , nambak  bateu  di balei,  manikang  kapalo  karto , ngato  awak  di  luo  adeak  di  luo pusko, ngandang   saumo  ideuk. ”itoh  salah!”
Didendo  dingan  breh  saratauh  kbou  sikau.  Kalou  traso  awak  di  labeuhkan glo,  di  jadikan  gleak  dingan  ilei,  di  jadikan  tpauk  dingan  tarai,  traso  gedeang   malando,  traso  panjang  ndok  malilaik.
Mangupak  mangupur balea,  bagaligo  buleak  sakendok  atai. Basutang  di  matao brajea  di  atai,  babeneak  ka  mpou  kakai.  ”itoh  salah!”  Lahe  mulih utang batin  di  makon  karang  stio  nan       …….
Terjemahan  dalam  bahasa  Indonesia :
“Rapat – rapatlah  anak  jantan  anak  perempuan  dalam  dusun  ini,  dengar  jelas  - jelas.  Adapun  kami  ini  melakukan  buat  dengan  karang  setia,  di  atas  berseru dan  berimbau   anak  jantan  anak  perempuan ,  kepada  rumah  kepada  tanga ,  kepada  larik,  kepada   jajar  mengenengahkan  tanda  kerbau  seekor  beras  seratus  hendak  jadi  Depati  dan  Permenti.  Sudah  berpapah  berbimbing  kepada  Depati  Nan  Bertujuh,  betinanya  Pemangku  Nan  Berdua,  lahirnya  kami  Ngabi  Teh  Santio  Bawo, batinnya  Depati  Nan  Bertujuh,  sudah  di  perbuat  di  atas  rumah  das  rumah  pateli,  sendinya  padat  tanah  kerajaan,  lubuk  emas  pandannya   emas,  sungai  beremas  tanjung  berjurai,  di  atas  tanah  yang  sebingkah,  di  bawah  payung  yang  sekaki,  berhimpun  piagam  yang  tujuh  pucuk  kepada  keris  Penduk  Anggo  Lumping.
Masuk  pada  karang  setia  yang  semangkuk .  Siapa  mengeseh  kena  miang,  siapa  menggoyang  kena  rebah, siapa  berbuat  salah, beroleh  hutang, siapa  menindih  beroleh  garis.  Tidak  boleh  menohok  kawan  seiring,  tidak  boleh  menggunting  dalam  lipatan.  Tidak  boleh  berkurung  berkandang  dalam,  tidak  boleh  pepat  di  luar  runcing  di  dalam.  Kalau  di  perbuat ,  padi  di  tanam  ilalang  tumbuh ,  kunyit  di  tanam  putih  isi , anak  di pangku  jadi  batu.
Menghadap  ke  hilir  dikutuk  Tuhan,  menghadap  ke  mudik  di  kutuk  Tuhan,  di tengah  di  makan  bisa  kawi,  di  kutuk  Qur’an  30  juz,  ke  atas  tidak  berpucuk,  ke  bawah  tidak  berurat,  di  tengah  di  jarum  kumbang.
Di  beri  ingat  kepada  semua  anak  jantan  anak  betina,  jika  kita  tidak  di  berikan gelar,  di  jadikan  rekak dengan rekik, di  jadikan  rujuk denagn mundur.Menggulung si lengan baju, menyingkat kaki celana ,melemparkan batu di balai,menikam kepala kerta  mengatakan  kita di luar adat,  di  luar  pusaka , mengandang  seumur  hidup. ”itu salah!”Di  denda  beras  seratus  kerbau  seekor.
Kalau  terasa  kita  berikan  gelar, di  jadikan  gelak  dengan  ilir,  di  jadikan  tepuk dengan  tari,  terasa besar  hendak  melanda,  terasa  panjang  hendak melilit.  Mengupak  mengupur  balai,  berbuat  sekehendak  hati.  Bersutan  di  mata ,  beraja di  hati,  berbenak  ke  empu  kaki. ”Itu  salah!”  Lahir dapat hutang ,batin di makan karang setia nan semangkuk.Sekarang sudah di hangus beras seratus kerbau seekor,  suka  jadi  suka  menjadi,  gelar  jatuh  pusaka  kita……”
Setelah  semua  acara  acara  selesai  semua  pusaka  yang  telah  di  bersihkan  di  letakkan  kembali  di  tempat  adat  yang  telah  di  sediakan  yang  bernama  rumah gadang  kerinci.
NILAI-NILAI YANG TERKANDUNG DIBALIK PROSESI

Prosesi  Kenduri  Sko  di  lingkup  wilayah  Depati  nan  Bertujuh  Sungai  Penuh di  laksanakan  sesuai  adat  istiadat  yang  berlaku.  Adat  yang  bersendi  syarak – syarak  bersendi  kitabullah.   Adat  lamo  pusako  usang  yang  tidak  lapuk  kena hujan –  tidak  lekang  kena  panas  sejak  dahulu  sampai  sekarang.  Setiap tahapan prosesi yang di laksanakan mempunyai nilai-nilai yang sakral.

1) Pencak  Silat  yang  di  lakukan  oleh  para  Hulubalang,  Tari  Iyo – yo  dan Persembahan  dayang – dayang  merupakan  kesenian  khas  Tanah kampung.  Nilai  yang  dapat  kita  ambil  dalam  kegiatan  itu  antara  lain  sikap menumbuh kembangkan rasa  persatuan dan kesatuan,  siap  membela,  mempertahankan dan  membangun  kampung  halaman. Seperti  tari  Iyo-yo  dan  tari  persembahan yang mengandung nilai moral patuh dan hormat kepada pemimpin.

2) Nilai – nilai  Historis  (sejarah)  yang  mengalir  dalam  prosesi  penurunan  pusaka daerah Tanah kampung. Mengurai perjalanan sejarahnya kepada khalayak sehingga mengingatkan masyarakat pada nenek moyangnya dahulu.

3) Penobatan para Depati, Ngabi, Permanti dan Mangku serta proses pembacaan sumpah yang mengandung nilai rasa tanggungjawab atas tugasnya sebagai Pemangku Adat sesuai dengan jabatan (gelar Sko) yang diberikan kepadanya.








BAB III
PENUTUP
  1. SIMPULAN
    Kenduri Sko adalah Kenduri yang dilaksanakan oleh masyarakat untuk mengangkat Pemangku Adat seperti Depati, Ngabi, Permanti dan Mangku. Untuk mengangkat Depati-Ngabi harus memotong kerbau satu ekor dan menghanguskan beras seratus gantang. Sedangkan mengangkat Permanti dan Mangku harus memotong kambing satu ekor dan menghanguskan beras dua puluh gantang. Hewan yang dipotong seperti kerbau, kambing dimasak menjadi gulai. Beras dimasak menjadi nasi dan dibungkus dengan daun pisang dan dibentuk segi empat (dalam bahasa kerinci disebut Nasi Ibat). Semuanya dihidangkan untuk dimakan bersama-sama (kenduri).
    Selain itu, Kenduri Sko juga dilaksanakan untuk memperlihatkan benda-benda pusaka peninggalan nenek moyang yang diwariskan turun temurun. Pelaksanaan Kenduri Sko diawali dengan Minta ajun arah (minta izin) kepada para pemangku adat di Rumah Gedang. Kemudian prosesi awalnya dimulai dengan pertunjukan kesenian tradisional dilanjutkan penurunan pusaka, Penobatan Gelar Depati, Ngabi, Permanti dan Mangku serta diakhiri dengan doa bersama.

2. SARAN
Upacara  adat  Kenduri  Sko  sebenarnya  telah  lam  tidak  dimunculkan akibat  kurangnya  kepedulian.  Namun,  sejak  beberapa  tahun  belakangan ini,  upacara  Kenduri  Sko  mulai  digali  kembali.
Upacara  Kenduri  Sko  yang  dilaksanakan  bukan  hanya sebatas pertunjukan seni tradisional saja melainkan penganugerahan gelar adat sebenarnya. Dimana nantinya Pemangku Adat yang sudah diangkat diharapkan dapat menjalankan adat dalam negeri, membimbing anak kemenakan, menyelesaikan yang kusut, menjernihkan yang keruh, meluruskan yang bengkok, mempertautkan yang retak dan menyambung yang sudah putus.Pemangku adat haruslah menjadi suri teladan anak kemenakan dan masyarakat, berjalan lurus, tidak boleh terasa besar mau melanda, terasa panjang mau melilit, menggunting dalam lipatan, telunjuk lurus kelingking berkait.
Penulis sebagai putra daerah Kerinci juga mengharapkan agar upacara adat Kenduri Sko ini terus dijadikan satu agenda tetap Pemerintahan Kabupaten Kerinci khususnya daerah Tanah kampung seiring dengan misi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kerinci menghidupkan seni budaya tradisional untuk meningkatkan kunjungan wisata.

DAFTAR PUSTAKA



Afanti, S. 2007. Peradaban Suku Kerinci dan Tata Tertib Adat Depati Nan
Bertujuh. Kerinci.

Banawiratma, J. S. 1991. Iman, Pendidikan, dan Perubahan Sosial. Yogyakarta:
Penerbit Kanisius.

[Bappeda]. 2010. Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kota Sungai Penuh
Tahun 2010. Pemerintah Kota Sungai Penuh.

[Disparbud]. 2003. Adat dan Budaya Daerah Kerinci. Kerinci: Pemerintah
Kabupaten Kerinci.

[Disparbud]. 2004. Sejarah Perjuangan Rakyat Kerinci Mempertahankan
Kemerdekaan Republik Indonesia 1945-1949. Kerinci: Pemerintah
Kabupaten Kerinci.

Djakfar, I. dan Indra, I. 2001. Menguak Tabir Prasejarah di Alam Kerinci.
Pemerintah Kabupaten Kerinci.
Load disqus comments

0 komentar